Lantaran Tulisan

Apa kau percaya bahwa seseorang bisa jatuh hati pada orang lain lantaran tulisannya? Aku pernah mendengar, ada banyak sebab seseorang jatuh hati dan salah satunya adalah lantaran tulisannya. Aku sendiri pun pernah mengagumi seseorang lantaran tulisannya, tapi tidak sampai jatuh hati.

Kata orang, proses mencintai seseorang karena Allah itu bukan berada pada permulaan, ada banyak sebab yang mengantarkannya ke sana.¹ Mungkin juga termasuk lantaran tulisan.

Lalu, salahkah jika kita jatuh hati pada seseorang lantaran tulisannya? Menurutmu bagaimana? Aku sendiri tak menyalahkan, tapi juga tak menyarankan. Meski sebenarnya perkara hati itu mutlak urusan Sang Pemilik Hati.

Tulisan adalah sisi diri yang lain. Tulisan hanya mewaliki dari sedikit diri seseorang. Setidaknya itu menurutku. Meski bisa jadi tulisan adalah endapan perasaan yang begitu mendalam, hingga sampailah pada simpulan penilaian kita pada orang tersebut; kita anggap baik atau buruk. Kau pernah mendengar, kan, bahwa sesuatu yang ditulis dengan melibatkan hati, akan sampai ke hati?

Tetapi yang jelas, hanya dengan lewat tulisan, kau masih belum tahu dia yang sebenarnya. Seberapa berengsek atau bajingannya dia. Termasuk aku, kau belum tahu aku yang sebenarnya.

¹ Kutipan dalam buku Hujan Matahari

Leave a Comment