Cinnamon Roll dengan Gula Kelapa (Resep 1)

Ini kali kedua aku eksperimen bikin Cinnamon Roll dengan gula kelapa. Alhamdulillaah hasil dan rasanya sudah lebih baik dari yang pertama. Ya, meski tetap masih kurang oke sih, karena adonan terlalu lembek lantaran kebanyakan margarin, alhasil syusyaaah bet dibentuk. Haha.. Tapi keseluruhan lumayan laaah.. Teksturnya juga empuuuk.. 😁 InsyaaAllaah next time bakal coba lagi, tapi berhubung beberapa ada yang nanyain resep, jadi aku share resepnya di sini dengan beberapa catatan tentunya.

Oya, di resep ini aku pakai gula kelapa ya, jadi takarannya nggak perlu banyak-banyak agar manisnya nggak berlebihan. Asal tersebar rata aja.


Cinnamon Roll dengan Gula Kelapa

Cinnamon Roll dengan Gula Kelapa
by @dhamayra_

Bahan roti:
– 250 gr terigu
– 1 sdt ragi instan
– 50 gr gula pasir
– 1 butir telur
– 50-75 air (lebih kurang segini, masukinnya sedikit demi sedikit aja sampai dirasa cukup)
– 50 gr margarin (nah, ini aku kebanyakan sehingga membuat adonan lembek. Mungkin cukup separuhnya aja/lebih kurang 1 sdm)

Bahan isian:
– 1 sdm cinnamon powder
– gula kelapa sesuai selera

Cara membuat:
– Campur bahan dalam satu wadah kecuali air dan margarin, masukkan air sedikit demi sedikit sampai setengah kalis (air tidak perlu dimasukkan semuanya ketika adonan sudah setengah kalis). Kemudian masukkan margarin dan uleni sampai kalis. (Aku menggunakan mixer dengan lama menguleni sekitar 5-7 menit)
– Tutup adonan dengan kain bersih, diamkan lebih kurang selama 30 menit. Setelah didiamkan adonan akan mengembang. Kempiskan adonan untuk mengeluarkan udara di dalamnya.
– Pindahkan adonan ke wadah datar dan pipihkan membentuk persegi panjang dengan ketebalan lebih kurang 1/2 cm atau sesuai selera.
– Taburi cinnamon powder dan parutan gula kelapa dengan merata. Gulung adonan pelan-pelan, kemudian potong-potong dengan ketebalan yang diinginkan.
– Susun dalam loyang yang telah diolesi margarin, tutup kembali dengan kain bersih dan diamkan lebih kurang 60 menit.
– Panggang selama lebih kurang 10-15 menit dengan suhu 175-180°C. (Aku pakai api atas bawah, tapi jika bagian atas sudah terlihat kecokelatan, pindah ke api bawah).

Leave a Comment